Puasa Setelah Begadang, Ini Efeknya!

Sebelum berpuasa, idealnya kita akan melaksanakan sahur dengan terlebih dahulu tidur setelah shalat tarawih. Namun, tak jarang sebagian orang memilih untuk melaksanakan sahur tanpa tidur lebih dahulu. Puasa yang sebenarnya memiliki banyak manfaat baik bagi mereka yang memiliki riwayat penyakit seperti hipertensi, kolesterolemia, diabetes, hingga obesitas pun akhirnya tidak mampu memberikan manfaat baik tersebut, jika tidak didukung oleh menurunnya kondisi tubuh akibat begadang.

Meski sudah memahami bahwa kodisi tubuh yang kurang prima karena begadang bisa memberikan kendala tersendiri saat berpuasa, beberapa orang tetap menjalankan ibadah puasa tanpa menimbang efeknya bagi tubuh. Berikut ini merupakan beberapa efek yang bisa Anda alami jika menjalankan puasa setelah begadang.

  1. Lemah

Beristirahat merupakan salah satu cara tubuh untuk meregenerasi dan memulihkan kondisinya. Kekurangan waktu istirahat akan membuat kemampuan tubuh dalam meregenerasi keadaannya mengalami penurunan. Terlebih ketika puasa tubuh akan dibatas asupannya sehingga energi pun terbatas. Kondisi ini tentu akan membuat tubuh Anda menjadi tidak fit dan lemah. Dan bukan tidak mungkin, lemahnya tubuh menjadi kendala Anda dalam melakukan aktivitas seperti biasanya.

 

 

  1. Konsentrasi Menurun

Begadang membuat waktu untuk otak beristirahat dan menjadi lebih sedikit dan mengakibatkan kerja otak menjadi kurang maksimal. Kondisi ini biasanya ditandai dengan rasa ngantuk berlebih hingga sakit kepala yang berimbas menurunnya daya konsentrasi. Selain itu, dalam keadaan berpuasa tubuh akan kekurangan cairan dan elektrolit yang memperparah kondisi tersebut. Tentunya daya konsentrasi yang menurun akan banyak berpengaruh pada terhambatnya aktivitas sehari-hari, bahkan bisa membahayakan jika Anda berkendara dalam keadaan mengantuk atau kurang konsentrasi.

  1. Asam Lambung Meningkat

Rasa mengantuk, sakit kepala, serta cepat merasa lelah bisa menjadi penyebab Anda menjadi lebih emosional. Terlebih dalam kondisi tersebut banyak sekali aktivitas yang terhambat karena kurang konsentrasi. Rasa emosional yang berlebih inilah yang menjadi pemicu terjadi peningkatan produksi asam lambung. Puasa yang awalnya baik bagi kesehatan pun jadi hilang manfaat ketika Anda mau tidak mau mengalami peningkatan asam lambung bahkan hingga maag.

Mungkin ada beberapa alasan mengapa Anda terpaksa begadang sebelum melaksanakan sahur seperti alasan pertemuan atau pekerjaan yang perlu dilakukan hingga larut malam. Namun, ada baiknya Anda mengatur pola tidur Anda sebaik mungkin agar tidak mengganggu aktivitas sehari-hari dan ibadah di minggu terakhir ramadhan ini ya!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email
Share on telegram
Telegram

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *